ULANGAN UMUM SEMESTER 2
A. Pilihlah satu jawaban yang tepat !
1. Pinang,
kelapa, aren, dan lontar merupakan keanekaragaman hayati
tingkat..........................
a. Gen d. Jenis
b. Populasi
e. Komunitas
c. Ekosistem
2. Keanekaragaman
hayati cenderung cukup tinggi dalam....................
a. Hutan
dataran rendah
b. Padang
rumput
c. Hutan
hujan tropis
d. Komunitas
lama
e. Komunitas
baru
3. Garis
weber dibuat karena sulawesi memiliki ciri...............
a. Memiliki
banyak hewan endemik
b. Hewan-hewannya
memiliki sifat peralihan
c. Di huni
oleh berbagai hewan Australia dan sebagian hewan Oriental
d. Memiliki
banyak hewan berkantong
e. Di huni
oleh hewan yang berbeda dari tipe Australia dan Oriental
4. Usaha-usaha
berikut merupakan pelestarian sumber daya alam hayati :
1. Perlindungan
bunga bangkai Bengkulu
2. Pelestarian
komodo di pulau komodo
3. Pembangunan
taman buah mekar sari
4. Pemeliharaan
taman laut di Bunaken
5. Pengusahaan
kebun plasma nutfahdi Cibinong
Yang termasuk
pelestarian secara insito adalah................
a. 1,2,
dan 4
d. 2,4, dan 5
b. 1,3,
dan 4
e. 3,4, dan 5
c. 2,3,
dan 5
5. Berikut
ini adalah nama ilmiah beberapa organisme :
1. Curcuma
domestica
2. Musa
textilis
3. Felis
domestica
4. Musa
paradisiaca
Organisme yang
kekerabatannya paling dekat adalah........................
a. 1 dan
2 d. 2 dan 3
b. 3 dan
4
e. 2 dan 4
c. 1 dan 3
6.
Pernyataan yang benar tentang daur hidup lumut
adalah.....................
a.
Protonema akan tumbuh menjadi sporogonium
b.
Tumbuhan lumut merupakan generai gametofit
c.
Protonema mempunyai susunan kromosom dipluid
d.
Sporogonium membentuk arkegonium dan anteridium
e.
Arkegonium menghasilkan spermatozoid dan anteridium menghasilkan ovum
7.
Divisi pada tumbuhan ada yang merupakan tumbuhan bertalus ( Thallophyta
) dan ada yang berkormus ( Kormophyta ). Yang termasuk tumbuhan kormophyta
berspora adalah..............
a.
Pteridophyta d. Bryophyta dan spermatophyta
b.
Spermatophyta e. Pteridophyta dan spermatophyta
c.
Bryophyta dan spermatophyta
8.
Cermati pernyataan-pernyataan berikut!
1.
Tumbuhan kormus
2.
Bersifat heterotrof
3.
Tidak ada sistem pembuluh angkut
4.
Sporofit dominan di banding gametofit
Dari pernyataan-pernyataan tersebut yang
merupakan ciri-ciri tumbuhan paku adalah..............
a.
1 dan 2 d. 2
dan 4
b.
1 dan 4 e. 3 dan 4
c.
2 dan 3
9.
Suatu tumbuhan memiliki batang semu yang terbentuk dari pelepah daun
yang saling membungkus, dan berkeping satu. Tumbuhan itu termasuk
famili...................
a.
Mimosaceae
d. Musaceae
b.
Palmae
e. Caesalpiniaceae
c.
Myrtaceae
10. Pernyataan
yang tepat untuk menjelaskan Gymnospermae adalah..............
a.
Berkembang biak dengan biji
b.
Berkembang biak dengan spora
c.
Merupakan tumbuhan dikotil
d.
Merupakan tumbuhan monokotil
e.
Menghasilkan bunga
11. Bekicot ( Achatina fulica ) merupakan mollusca
yang termasuk kelas......................
a.
Cephalopoda d. Bivalvia
b.
Lamellibranchiata e. Gastropoda
c.
Pelecypoda
12. Tubulus
malpighi pada serangga berfungsi sebagai alat.................
a.
Indera d. Pencernaan
b.
Peredaran darah
e. Ekskresi
c.
Pernapasan
13. Mamalia
berbeda dari semua kelompok vertebrata yang lain karena..................
a.
Hidup di darat d. Berdarah panas
b.
Menyusui anaknya e. Memiliki jantung beruang 4
c.
Bernapas dengan paru-paru
14. Cacing
tanah , lintah dan pacet termasuk kelompok Annelida yang mempunyai ciri-ciri
sebagai berikut, kecuali..................
a.
Simetris bilateral d. Mempunyai alat pengisap
b.
Tubuh beruas-ruas
e. Mempunyai selom
c.
Sistem saraf tangga tali
15. Cermati
pernyataan-pernyataan tentang siklus reproduksi Fasciola hepatica berikut!
1.
Fase seksual terjadi di dalam tubuh
siput dan menghasilkan mirasidium.
2.
Fase aseksual terjadi didalam saluran
pencernaan hewan tarnak.
3.
Fase seksual terjadi di dalam hati
ternak dan menghasilkan telur.
4.
Sporokista berkembang secara aseksual
menjadi redia di dalam tubuh siput air.
5.
Mirasidium hasil dari fase aseksual
bermetamorfosis menjadi metaserkaria menuju tubuh siput.
Pernyataan yang
tepat ditunjukkan oleh nomor...................
a.
1 dan 2
d. 3 dan 4
b.
1 dan 3
e. 3 dan 5
c.
2 dan 5
16. Kelompok
tumbuhan padi yang hidup di sebidang sawah,
berdasarkan konsep ekologi merupakan suatu..............
a.
Spesies d.
Komunitas
b.
Individu
e. Populasi
c.
Ekosistem
17. Berikut
ini yang merupakan produsen pada ekosistem perairan adalah...................
a.
Fitoplankton
d. Jamur
b.
Zooplankton
e. Bakteri
c.
Ikan
18. Pada
piramida makanan , dasar piramida ditempati oleh...................
a.
Produsen
d. Konsomen II dan konsomen III
b.
Produsen dan konsomen I e.
Pengurai
c.
Konsomen I dan konsomen II
19. Hubungan
komensalisme terjadi misalnya antara..................
a.
Cacing dan ulat daun
b.
Bunga dan kupu-kupu
c.
Ikan remora dan ikan hiu
d.
Bakteri nitrogendan tumbuhan polongan
e.
Jamur dan batang pohon
20. Perhatikan
daftar organisme berikut.
1.
Pohon 4. Perdu
2.
Lumut
5. Rumput
3.
Lumut kerak
Urutan rangkaian
suksesi dengan komponen-komponen di atas, adalah.................
a.
1,2,3,4,5
d. 3,2,4,5,1
b.
2,3,4,5.1 e.
3,2,5,4,1
c.
3,4,5,1,2
B.
Jawablah soal-soal berikut dengan benar!!!
1. Kerusakan suatu habitat alami dapat
menyebabkan menurunnya keanekaragaman hayati dan bahkan dapat berakibat
punahnya jenis organisme tertentu. Hal tersebut sangat mempengaruhi ekosistem
secara umum. Mengapa demikian, berikan penjelasan!
2. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan lumut
berumah satu dan lumut berumah dua?
3. Jelaskan perbedaan antara polip dan medusa
pada Coelenterata!
4. Makhluk hidup dapat mempengaruhi faktor
abiotiknya. Berikan beberapa contoh mengenai hal tersebut!
5. Sebutkan kelas-kelas Mollusca dan berikan
contohnya masing-masing!
Selamat mengerjakan
0 Comments: