ULANGAN UMUM SEMESTER II (GENAP)
Mata
Pelajaran |
: |
Qur’an Hadist |
|
Hari/ Tanggal |
: |
|
Kelas |
: |
X |
|
Waktu |
: |
|
A.PILIHAN GANDA
Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang anda anggap benar !
1.
Secara etimologi , kata hadis mempunyai beberapa
arti, di antaranya adalah .....
a.
Perintah
b.
Aturan
c.
Dekat
d.
Acara
e.
Lama
2.
Segala sesuatu
yang ditetapkan oleh Nabi SAW, yang tidak terkait dengan masalah-masalah fardu
dan wajib adalah pengertian hadis menurut .....
a.
Ahli hadis
b.
Ahli fikih
c.
Ahli kalam
d.
Ulama tabiin
e.
Ahli Usul
Fikih
3.
Kata atsar
secara etimologi mempunyai arti .....
a.
Do’a
b.
Debu
c.
Barang bekas
d.
Sesuatu yang
baru
e.
Sisa dari
sesuatu
4.
Secara garis
besar persamaan antara sunnah dan hadis adalah .....
a.
Keduanya
merupakan perbuatan Nabi SAW
b.
Keduanya
merupakan perkataan Nabi SAW
c.
Keduanya
merupakan taqrir Nabi SAW
d.
Keduanya
bersumber kepada Nabi SAW
e.
Keduanya
terkadang bersumber dari selain Nabi SAW
5.
Pernyataan berikut
ini yang bukan merupakan perbedaan Al-Qur’an dengan hadis Nabi adalah .....
a.
Al-Qur’an
tidak boleh diriwayatkan maknanya saja, hadis boleh
b.
Membaca
Al-Qur’an bernilai ibadah dan berpahal, membaca hadis tidak
c.
Al-Qur’an
diturunkan melalui perantaraan Jibril, hadis melalui mimpi Nabi
d.
Al-Qur’an
diturunkan bahasa dan maknanya dari Allah sedang hadis dari Nabi
e.
Al-Qur’an baik
lapaz dan lapaz dan maknanya merupakan mu’jizat, hadis bukan mu’jizat
6.
Dari segi
bahasa سَÙ†َدٌ dapat diartikan .....
7.
اَلطَّرِÙŠْÙ‚ُ
المَÙˆْصُÙ„ُ الىَ اْلمَتَÙ†ْ
Terjemahan ungkapan di atas yang paling tepat adalah
....
a.
Cara hadis
sampai dibukukan
b.
Jalan mencari
hadis
c.
Jalan mencari
isi hadis
d.
Jalan
yangmenyampaikan kepadamatan hadis
e.
Isi pokok
hadis
8.
عَÙ†ْ
Ù…ُØَÙ…َّدْ عن ابى سلمه عن ابى هريرة ان النبي صلى الله عليه وسلم قا Ù„ : Ù„َÙˆْ لأَ
انْ اَØ´ُÙ‚َّ عَÙ„َÙ‰ اُÙ…َّتِÙ‰ لاَÙ…َرْ تُÙ‡ُÙ…ْ بِا لسِّÙˆَا Ùƒِ عِÙ†ْدَ ÙƒُÙ„ِّ صَلاَ Ø©ٍ
( روا ه ا لتر مذى )
Yang disebut matan adalah .....
a.
عن Ù…Øمد عن ا بي سلمه عن ابي هريرة ان النبي صلى الله
عليه وسلم قا ل
b.
لو لا ان اشقعلى امتي لا مر تهم با لسوا ك عند كل صلا ة
c.
رواه التر مذى
d.
عن Ù…Øمد
e.
ان النبي صلى الله عليه و سلم قال
9.
Pengertian
dabit adalah .....
a.
Mempunyai daya
ingat yang kuat
b.
Tidak mudah
percaya pada orang lain
c.
Mempunyai daya
konsentrasi yang tinggi
d.
Mempunyai perhatian
terhadap hafalan hadis
e.
Setiap hari
mengingat hadis yang dihafalkan
10. Orang yang menerangkan sanad suatu hadis disebut
.....
a.
Isnad
b.
Musnad
c.
Musnid
d.
Masnud
e.
Atsary
11. Nabi Muhammad SAW mencontohkan tata cara shalat,
haji dan puasa. Hal itu dikategorikan sebagai sunnah .....
a.
Qauliyah
b.
Fi’liyah
c.
Sifatiyah
d.
Khuluqiyah
e.
Taqririyah
12. Penggunaan kata-kata Ùƒَانَ ÙŠَÙƒُونُ atau رَاَÙŠْتُ
رَاَÙŠْÙ†َا dalam
hadis Nabi merupakan karakteristik sunnah .....
a.
Qauliyah
b.
Fi’liyah
c.
Taqririyah
d.
Hammiyah
e.
Sifatiyah
13. Suatu perbuatan yang dikehendaki Nabi SAW tetapi
belum sempat di kerjakan disebut sunnah .....
a.
Qauliyah
b.
Fi’liyah
c.
Taqririyah
d.
Hammiyah
e.
Sifatiyah
14. Sahabat Nabi Muhammad SAW, yang mewakili sahabat menanyakan memakan daging
biawak ( dab ) adalah .....
a.
Khalid ibn
Mughirah
b.
Abdullah ibn
Abbas
c.
Abdullah ibn
Mas’ud
d.
Abdullah ibn
Umar
e.
Khalid ibn
Walid
15. Hadis dari satu segi dapat ditinjau dari dua sisi
yaitu sisi kuantitasnya dan kualitasnya. Adapun yang dimaksud dengan tinjauan
pada sisi kuantitasnya adalah .....
a.
Melihat dari
sisi apakah hadis tersebut dapat diterima atau ditolak
b.
Mengkaji suatu
hadis dari sisi banyaknya rawi
c.
Melihat pada
sisi sanad dan matan hadis
d.
Melihat dari
sisi kandungan hadis
e.
Mengkaji dari
sisi sejarahnya
16. Yang disebut Hadis mutawatir adalah apabila suatu
hadis diriwayatkan oleh .....
a.
Satu rawi
b.
Dua rawi
c.
Banyak rawi
d.
Minimal dua
rawi
e.
Imam
Bukhari,imam Muslim dan Abu Daud
17. Apabila anda
menjumpai sebuah hadis dan setelah anda teliti ternyata hanya
diriwayatkan oleh hanya satu orang rawi saja maka hadis tersebut dikategorikan
sebagai hadis .....
a.
Masyhur
b.
Aziz
c.
Shahih
d.
Dha’if
e.
Garib
18. KaÙ†ta Ù†ُسُÙƒِÙŠْ pada
Q.S Al-An’am ( 6 ) ayat 162 artinya .....
a.
Shalatku
b.
Hidupku
c.
Matiku
d.
Ibadahku
e.
Amalanku
19. Kata shalat disebut lagi setelah kata nusuk ( ibadah
), padahal shalat juga termasuk ibadah hal demikian menurut ahli tafsir
bemakna.....
a.
Shalat sebagai
kewajiban
b.
Shalat adalah
tujuan hidup
c.
Shalat
dilakukan secara rutin
d.
Shalat
merupakan ibadah wajib
e.
Pentingnya
shalat dalam kehidupan manusia
20. Salah satu syarat diterimanyasuatu ibadah di
antaranya adalah .....
a.
Ikhlas
b.
Konsentrasi
c.
Adanya
semanagat
d.
Memiliki niat
yang kuat
e.
Terjaga dari
pengaruh sikap jelek
B.URAIAN
1. Apa yang dimaksud sunnah menurut istilah ?
2. Sebutkan syarat-syaratyang harus dimiliki oleh
seorang rawi hadis !
3. Jelaskan pengertian sunnah hammiyah !
4. Apa yang dimaksud dengan hadis garib ?
5. Jelaskan kandungan Q.S Al-An’am ayat 162 – 163 !
Selamat
Mengerjakan
0 Comments: